Wednesday 4 December 2013

Project Iseng2: Relative Rotational Graph(RRG) mirip Bloomberg Terminal

Saya menyaksikan feature menarik yg ditampilkan oleh terminal Bloomberg yaitu rotational graph yang bisa menunjukkan rotasi antar sektor di IHSG.

Sekilas tampilan di bloomberg terminal adalah seperti ini.


Saya jadi tertarik untuk membuat versi murahnya lewat Amibroker. Yang, menjadi kendala adalah formula RRG, karena ini program proprietary, maka tak banyak referensi yg dapat di cari. Kalo disearch di google, orang hanya membahas cara membacanya saja.

Sehingga landasan yg saya punya, hanyalah Relative Performance graph. Dengan sedikit otak-atik, saya mencoba membuat menjadi koordinat rotational dan menampilkannya dalam 4 kuadran sebagaimana layaknya RRG.

Versi murah saya walau masih dalam bentuk beta version, mulai bisa ditampilkan pada gambar dibawah. Untuk memudahkan, cara membaca adalah menghitung dari 1->2->3...sampai 10 dan itu menunjukkan arah pergerakan rotasi dari masing2 instrumen.



Masih jauh dari mirip, tapi at least skeletonnya sudah terbentuk. Dan kalo kita tampilkan untuk 2 saham UNTR dan HEXA, maka nampak UNTR ada di kuadran ada dikuadran leading, dan sedang bergerak turun walau skrg sedang berusaha berbalik., Sedang HEXA bergerak dari posisi improving menuju leading.





salam,
Satriyo
PS: Karena project iseng, dan masih pengembangan(jauh dari sempurna), source code hanya konsumsi pribadi

3 comments:

  1. Hi

    i have been looking for Relative Rotational Graph (RRG) charts on amibroker. Could you please share the code.

    As per the below thread, RPG charts can b created in amibroker.
    They have created it too. But, as this group seems to be private it not possible to get it!!

    please have a look!!

    http://amibrokerforum.proboards.com/thread/102/rrg-function

    ReplyDelete
  2. boleh share codenya pak

    ReplyDelete