Wednesday 18 December 2013

Analisa Volume: Studi Kasus SMGR dan INVS

SMGR dan INVS keduanya mendapatkan sinyal buy hari lalu dengan didukung volume. SMGR breakout bollinger spt nampak pada gambar berikut ini.


Walau harga turun kembali dan menyisakan shadow di atas, nampak volume SMGR 53%  lebih dari rata2 harian (maaf garis rata2 tidak tampil di gambar di atas).

Sedangkan INVS, mendapatkan sinyal buy setelah menembus trigger hasil pola bullish harami pada hari seblumnya seperti nampak pada gambar berikut ini.

INVS nampak menyakinkan sehingga pola hari kemarin membentuk Three Inside up pattern dan bepeluang break out bollinger.

Sekarang mari kita kupas pada volume. Pada gambar dibawah nampak akumulasi volume buy up pada SMGR mencapai 5887 lots. (Catatan: volume buy up ini dihitung menggunakan data OLHCV, dengan menganggap setiap pembelian pada harga lebih tinggi dari sebelumnya atau flat/sama jika sebelumnya diawali dgn harga naik adalah buy up. Tentunya tidak bisa exactly sama dengan data OLT tapi setidaknya memberikan panduan kepada kita)

Jika kita pisahkan antara pembelian big volume yg besar kemungkinan di motori oleh pemain besar a.k.a bandar, maka hasilnya nampak dalam berikut.

Terlihat akumulasi large volume mencapai 5947 sedang kelompok pemain kecil yg hanya beli dan jual dgn lot kecil2, malah berada pada posisi jual sebanyak 60 lot. Padahal pemain kecil ini cukup asik keluar masuk saban harinya sperti ditunjukka pada chart small volume di atas. Walau terjadi bantingan harga pada preclose yg dimotori dengan lot keluar sebanyak 1759, tapi total akumulasi reconcile dengan 5887 lot sebelumnya. Apa arti semua ini, artinya volume SMGR cukup valid mendukung kenaikan.

Maka kita lihat sekarang kasus INVS.

Agak berbeda dgn SMGR, di INVS, nampak aksi buy dan sell mewarnai awal hari bahkan akumulasi sempat meninggi...tapi dalam satu jam pertama diikuti dengan aksi jual yg menghabiskan total akumulasi pada hari itu. Tetapi, data yg terekam pada OLT seolah2 terjadi transaksi besar pada INVS.

Jika kita kupas lebih dalam dengan large volume dan small volume, maka hasilnya nampak spt pada gambar berikut ini.


Terlihat pada sesi kedua, nyaris transaksi hanya dipenuhi oleh pemain kecil. dan total akumulasi big player malah keluar 480, pemain kecil masuk sebesar 299..sehingga total hari kemarin sebenarnya orang keluar dari INVS walau harga dibuat naik.

Apa artinya? Saya rasa lebih baik anda menyimpulkan sendiri...

Semoga bermanfaat.

Salam,
Satriyo

No comments:

Post a Comment