Monday 9 December 2013

Perhatikan Titik Trigger Berikut untuk Mengkonfirmasi Rally Akhir Tahun

Banyak yang mendambakan rally akhir tahun. Iseng2, saya perhatikan chart weekly JKSE untuk mencari titik konfirmasi dimulainya rally akhir tahun bila berdasarkan konstruksi candle minggu ini.



Jika diperhatikan, weekly candle per hari kemarin, membentuk pola bullish harami. Ini adalah konstruksi bottom reversal dengan akurasi rendah. Titik trigger adalah jika indeks naik di atas 4331.59. Jadi kalo minggu depan indeks sampai 4331.6 saja, konstruksi ini terkonfirmasi.

Tentunya titik 4331.6 tersebut apabila pola candle bullish harami ini bertahan sampai hari jumat minggu ini. Juga, jika titik bawah 4161 tidak dijebol yg membuat bubarnya/tidak berlakunya lagi pola Bullish Harami tsb. Syukur2 jika minggu ini, pola berubah menjadi bullish engulfing yg mempunyai tingkat akurasi lebih tinggi. (Mungkin juga titik konfirmasi jadi berubah).

Bila kita melihat ke timeframe daily, maka ada sebuah garis resisten downtrend line AB yg harus ditembus. Dan garis ini susah sekali ditembus walau sudah dicoba 3 kali. Jadi, penembusan garis downtrend line ini penting untuk bisa meraih trigger 4331.6 di atas


Seperti dalam posting sebelumnya, pergerakan rupiah yg menguat (USDIDR turun) juga menjadi penentu munculnya rally akhir tahun.


Jika kita mengambil titik referensi 1 Jan 2013 untuk menghitung relative performance 9 sektor IHSG, maka berikut tampilan mereka dalam Relative Rotational Graph.


Terlihat Consumer masih memimpin tapi terus bergerak menurun. Property dan Infra  menurun dan memasuki kuadran improving. Berlawanan arah dengan AGRI yang masih terus meningkat di area improving(pada gambar berwarna light orange tapi tertumpuk dengan Infra dan property).
Sementara mining, masih pelari yang jauh tertinggal di belakang walau bergerak menguat di area lagging.

Terakhir sebagai bonus posting hari ini, berikut terlampir hasil scanner per penutupan kemarin. Selalu check dahulu dengan chart, karena konstruksi yg ditemukan oleh program seringkali tidak masuk di hati bila dilihat manual.


No comments:

Post a Comment