Sunday 5 May 2013

Sikap kita terhadap arah IHSG dan Scanner 3 May 2013

Selamat Malam,
Keadaan kurang baik di IHSG berlanjut. Indeks mc clellan melanjutkan penurunan dan sekarang sudah berada pada area-50. Area ini adalah area bearish walau pernah menjadi area pantul pada bulan Maret lalu.


Jika kita menengok bulan May 2012, maka kita dapati situasi yg hampir sama yaitu indeks jatuh dan mc clellan terpelanting hingga ke -90. Apa yang menjadi pembeda adalah saat itu DJI juga ikut terpelanting menggapai titik bearish di akhir May 2012.

Saat ini DJI malah menggapai All Time High(ATH). Sebagian orang berharap IHSG juga akan bangkit dan meraih kembali ATH. Saya juga berharap demikian tetapi tetap harus berkaca realita bahwa dalam 20 hari terakhir, IHSG sedang suka jalan sendiri. Ini ditunjukkan dengan koefisien correlasi yg negative (sedikit dibawah nol) untuk periode 20 hari terakhir.



Catatan: Walau untuk periode 200 hari, IHSG dan DJI masih berkorelasi akrab
 
 
Lalu bagaimana sikap kita, mulai jual2 saja..atau sudah saatnya beli? Tidak ada yg tahu esok akan turun atau akan rebound. Tapi, yang jelas kita harus menerima bahwa koreksi atau rebound adalah dinamika market. Jika, ada posisi yg terpaksa harus CL, itu adalah bagian dari konsekwensi. Jika ternyata esok hasil penutupan ada sinyal beli, ya kita akan tetap menganalisa dan melakukan aksi beli jika perhitungan cocok dgn strategi kita.

Intinya, adalah jangan melawan market. Tetaplah go with the flow dengan fokus kepada long term growth dari porto, bukan individual trade apalagi kalo hebat2an menebak bottom dan berbangga atas stock pick yg kita lakukan.

Sekedar memberi gambaran, berikut adalah hasil scanning berdasarkan penutupan Jumat 3 May 2013.

 

No comments:

Post a Comment