Monday 6 May 2013

Pentingnya disiplin dan scanner 6 Mei 2013

Selamat Malam,
Indeks ternyata memilih rebound dan mendorong indicator Mc Clellan kembali ke zona aman stlh mantul di area -50. Secara candle, IHSG juga kembali ke atas support trendline.



Seperti yg diulas sebelumnya, kita harus open minded jika arah IHSG memang kembali bergerak ke atas. Yaitu beli kalo muncul sinyal beli yg meyakinkan.

Di sinilah perlunya sebuah system yg mampu memberikan sinyal2 beli dan jual yg diandalkan. Jika kita berbicara system, ia tidak selalunya merupakan sebuah program atau system trading yg canggih manggih. Pengertian system adalah sekumpulan aturan beli dan jual. Akan lebih baik, apabila setiap dari kita melengkapi diri dengan aturan beli dan jual yg diandalkan. Terutamanya, jika aturan2 itu bisa diuji dalam sebuah jangka waktu tertentu sehingga bisa diketahui keunggulan dan performance system tsb.

Jika sesorang sudah menemukan sebuah system yg cocok bagi dirinya, maka langkah berikut adalah disiplin terhadap aturan yg sudah diyakini. Misalmya, jika system tidak menerbitkan sinyal2 yg valid, lebih baik tidak memaksakan merubah2 aturan system, apalagi berganti system, demi mengejar sinyal beli.

Demikian juga dengan sinyal rebound IHSG sekarang ini. Silahkan dilihat sinyal2 yg muncul, dan silahkan diikuti jika sinyal tsb menyakinkan. Jika tidak, ya lebih baik tidak memaksakan diri.

Berikut sinyal beli yg muncul di system pemanah saham. Selamat menimbang2....(click image dibawah untuk memperbesar)

 

No comments:

Post a Comment