Saturday, 26 October 2013

Sebuah Catatan tentang TURI (Tunas Ridean Tbk)

Sebelumnya perlu saya tegaskan, tulisan berikut bukan stock pick. Hanya sharing catatan saya menganalisa saham berikut.

TURI atau Tunas Ridean Terbuka adalah sebuah grup perusahaan dealer berbagai kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua, yg juga memberikan servis jasa rental, perawatan dan juga pembiayaan. Sekilas struktur pemegang saham maupun anak perusahaan dan assosiasinya ditampilkan dalam gambar berikut(diambil dari lap keu 2012).



Hal yang menarik dari pergerakan saham TURI, adalah saham ini sudah jatuh cukup dalam mulai periode Mei 2013 menjelang keluarnya laporan Q2 2013. Saat ini sinyal-sinyal tehnikal mulai muncul, seiring melemah tekanan jual pada saham ini. Harga sekitar 500 membentuk support kuat, ditunjukkan mulainya terbentuknya volume pada area tersebut yang belakangan memberi sinyal meningkat arus  dana(money flow) di indicator MFI.



Jatuhnya harga saham TURI sejalan dengan apa yg ditampilkan di laporan keuangan Q2 2013 dimana terjadi menurunan laba bersih per saham yang signifikan di atas 25%. Sementara harga sendiri terlihat jatuh sudah 50% dari puncak akhir April.
Secara singkat petikan year on year disarikan berikut ini
 
Growth YoY
Equity Growth 12.21%
EPS Growth -25.64%
Revenue Growth 10.75%
Cash Growth -36.71%
Sedangkan 5 tahun growth termasuk estimated 2013 adalah sbb:
 
Growth 2013(est) 2012 2011 2010 2009 2008 Average up to 2012 Average up to 2013
Equity Growth 4.64% 20.47% 20.96% 21.32% -2.38%
15.09% 13.00%
EPS Growth -22.67% 29.31% 20.83% -14.29% 27.27%
15.78% 8.09%
Revenue Growth 15.12% 20.07% 21.56% 48.62% -16.84%
18.35% 17.71%
Cash Growth -50.73% -14.73% 53.87% -5.00% -56.15%
-5.50% -14.55%
Kalo menengok ke http://www.tunasgroup.com/artdetail.aspx?ID=ACL20130731-0001&isNews=no dijelaskan penurunan laba ini dikarenakan kenaikan beban pokok pendapatan yang berupa kenaikan upah buruh. Kita masih ingat di awal tahun 2013 pemerintah DKI menyetujui kenaikan upah secara drastis yang memukul sebagian besar pelaku. Hal yang sama juga dialami astra internasional dan juga berlina.
Selain upah buruh, mirip juga Astra, tantangan naiknya kompetisi antar pemain di industri juga menekan margin dari TURI.  Berikut adalah chart growth 5 tahun terakhir dari TURI.



Terlihat Asset menurun lumayan(hampir separuh) di tahun 2009. Hal tersebut dikarenakan penjualan 51% saham Tunas Finance, yang mengakibatkan Tunas Finance dikeluarkan dari laporan konsolidasi, menjadi sekedar perushaan investasi(asosiasi) dengan metode ekuitas.

Hitungan key ratio, ditampilkan sebagai berikut:
 
Key Ratios 2013(mrq) 2012 2011 2010 2009 2008 Average up to 2012 Average up to 2013
Gross Margin 6.13% 8.48% 8.51% 8.15% 8.85% 9.73% 8.74% 8.31%
Op Profit Margin 1.46% 3.92% 3.86% 3.82% 3.99% 4.37% 3.99% 3.57%
Net Profit Margin 2.79% 4.22% 3.88% 3.94% 6.76% 4.44% 4.65% 4.34%
Return on Asset 4.67% 12.68% 12.66% 12.81% 17.53% 6.84% 12.50% 11.20%
Retun on Equity 8.66% 23.76% 21.96% 22.17% 31.03% 23.92% 24.57% 21.92%
Return on Capital 7.61% 18.59% 17.75% 17.26% -2.15% 7.85% 11.86% 11.15%
Current Ratio 145.97% 145.56% 157.23% 151.17% 135.43% 141.06% 146.09% 146.07%
Quick Ratio(Acid Test) 0.83 0.66 0.87 0.85 0.82 1.24 0.89 0.88
Long Debt to Equity 13.74% 12.51% 13.00% 15.12% 13.52% 107.50% 32.33% 29.23%
Nampak kenaikan cost of goods sales, berujung  pada penurunan gross margin pada most recent quarter(mrq) 2013. Sehingga ratio2 return on asset, return on capital dan return on equity juga terpengaruh.
Current ratio masih bagus (>100%) tapi acid test masih dibawah 1...namun memang selama ini selalu dibawah 1. Mungkin model bisnisnya susah untuk menjadi di atas 1.
Dengan harga terakhir 580, dan meng-annualisasikan EPS Q2 2013, menjadi 58. Dan menganggap growth terkoreksi menjadi 13% dan PER 5th kedepan ditaruh di 10, maka berikut valuasi
 
EPS n+1 66
EPS n+2 74
EPS n+3 84
EPS n+4 95
EPS n+5 107
Total EPS 5 Tahun 425


Deviden Pay(Average 5yrs) 0.00%


Harga Thn ke-5 1,069


Risk Premium + Risk Free Rate% 15%


Harga Thn ke 5 (+ Deviden) 1,069


Harga Wajar Thn n+4 931
Harga Wajar Thn n+3 811
Harga Wajar Thn n+2 706
Harga Wajar Thn n+1 615
Harga Wajar Thn n 536
V/P 0.92


Valuasi TURI
Harga Terakhir 580


DCF Value 536
Diskon DCF % -8%


Graham Value 1,167
Diskon Graham % 50%


MOS% 50
MOS Graham Value 584


Risk Free Rate 7


V/P 2.01
*V/P di atas > 1 Murah MURAH


PEG 0.77
Arti Rasio PEG MURAH
Terilhat valuasi menggunakan Discounted Cash Flow menunjukkan saham ini baru ada di kisaran harga teoritis-nya. Hal ini nampak mendukung support kuat di analisa technical yg terbentuk di kisaran 500. Sehingga pencari diskon harus menanti lebih jauh.
Tetapi dari tehnik intrinsic value graham membuat saham ini sudah ada di harga murah. Juga analisa PEG sudah menjadi murah. Di tambah kecenderungan indeks yg sudah mulai lepas dari tekanan jual, walau masih belum gegap gempita untuk bullish dalam waktu dekat.
Kesimpulan? Tergantung preference masing2, tetapi gabungan tehnical, graham, dan PEG..nampaknya aman untuk mulai masuk sedikit demi sedikit, dengan menambah jika masih ada penurunan lebih jauh. Masa depan emiten ini sangat tergantung dari apakah akan muncul tekanan baru pada upah buruh, dan apakah ekonomi mampu memacu kembali pembelian kendaraan. Pro-kontra LCGC juga akan berpengaruh pada pendapatan emiten ini mengingat, merk Toyota adalah bagian dari produk yang dijual.
Demikian catatan saya...semoga bermanfaat.

Catatan: saya tidak memiliki posisi di TURI dan tidak bermaksud membelinya dalam waktu 3 hari mulai senin 28 Oct 2013

No comments:

Post a Comment