Sebelumnya perlu saya tegaskan, tulisan berikut bukan stock pick. Hanya
sharing catatan saya menganalisa saham berikut.
TURI atau Tunas Ridean Terbuka adalah sebuah grup perusahaan dealer
berbagai kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua, yg juga memberikan
servis jasa rental, perawatan dan juga pembiayaan. Sekilas struktur pemegang
saham maupun anak perusahaan dan assosiasinya ditampilkan dalam gambar
berikut(diambil dari lap keu 2012).
Hal yang menarik dari pergerakan saham TURI, adalah saham ini sudah jatuh cukup
dalam mulai periode Mei 2013 menjelang keluarnya laporan Q2 2013. Saat ini
sinyal-sinyal tehnikal mulai muncul, seiring melemah tekanan jual pada saham ini.
Harga sekitar 500 membentuk support kuat, ditunjukkan mulainya terbentuknya
volume pada area tersebut yang belakangan memberi sinyal meningkat arus dana(money flow) di
indicator MFI.
Jatuhnya harga saham TURI sejalan dengan apa yg ditampilkan di laporan
keuangan Q2 2013 dimana terjadi menurunan laba bersih per saham yang
signifikan di atas 25%. Sementara harga sendiri terlihat jatuh sudah 50% dari
puncak akhir April.
Secara singkat petikan year on year disarikan berikut ini
Growth | YoY |
Equity Growth | 12.21% |
EPS Growth | -25.64% |
Revenue Growth | 10.75% |
Cash Growth | -36.71% |
Sedangkan 5 tahun growth termasuk estimated 2013 adalah sbb:
Growth | 2013(est) | 2012 | 2011 | 2010 | 2009 | 2008 | Average up to 2012 | Average up to 2013 |
Equity Growth | 4.64% | 20.47% | 20.96% | 21.32% | -2.38% | 15.09% | 13.00% | |
EPS Growth | -22.67% | 29.31% | 20.83% | -14.29% | 27.27% | 15.78% | 8.09% | |
Revenue Growth | 15.12% | 20.07% | 21.56% | 48.62% | -16.84% | 18.35% | 17.71% | |
Cash Growth | -50.73% | -14.73% | 53.87% | -5.00% | -56.15% | -5.50% | -14.55% |
Kalo menengok ke http://www.tunasgroup.com/artdetail.aspx?ID=ACL20130731-0001&isNews=no dijelaskan
penurunan laba ini dikarenakan kenaikan beban pokok pendapatan yang berupa
kenaikan upah buruh. Kita masih ingat di awal tahun 2013 pemerintah DKI
menyetujui kenaikan upah secara drastis yang memukul sebagian besar pelaku. Hal
yang sama juga dialami astra internasional dan juga berlina.
Selain upah buruh, mirip juga Astra, tantangan naiknya kompetisi antar pemain di industri juga
menekan margin dari TURI. Berikut adalah chart growth 5 tahun terakhir dari
TURI.
Terlihat Asset menurun lumayan(hampir separuh) di tahun 2009. Hal tersebut
dikarenakan penjualan 51% saham Tunas Finance, yang mengakibatkan Tunas Finance
dikeluarkan dari laporan konsolidasi, menjadi sekedar perushaan
investasi(asosiasi) dengan metode ekuitas.
Hitungan key ratio, ditampilkan sebagai berikut:
Key Ratios | 2013(mrq) | 2012 | 2011 | 2010 | 2009 | 2008 | Average up to 2012 | Average up to 2013 |
Gross Margin | 6.13% | 8.48% | 8.51% | 8.15% | 8.85% | 9.73% | 8.74% | 8.31% |
Op Profit Margin | 1.46% | 3.92% | 3.86% | 3.82% | 3.99% | 4.37% | 3.99% | 3.57% |
Net Profit Margin | 2.79% | 4.22% | 3.88% | 3.94% | 6.76% | 4.44% | 4.65% | 4.34% |
Return on Asset | 4.67% | 12.68% | 12.66% | 12.81% | 17.53% | 6.84% | 12.50% | 11.20% |
Retun on Equity | 8.66% | 23.76% | 21.96% | 22.17% | 31.03% | 23.92% | 24.57% | 21.92% |
Return on Capital | 7.61% | 18.59% | 17.75% | 17.26% | -2.15% | 7.85% | 11.86% | 11.15% |
Current Ratio | 145.97% | 145.56% | 157.23% | 151.17% | 135.43% | 141.06% | 146.09% | 146.07% |
Quick Ratio(Acid Test) | 0.83 | 0.66 | 0.87 | 0.85 | 0.82 | 1.24 | 0.89 | 0.88 |
Long Debt to Equity | 13.74% | 12.51% | 13.00% | 15.12% | 13.52% | 107.50% | 32.33% | 29.23% |
Nampak kenaikan cost of goods sales, berujung pada penurunan gross margin
pada most recent quarter(mrq) 2013. Sehingga ratio2 return on asset, return on
capital dan return on equity juga terpengaruh.
Current ratio masih bagus (>100%) tapi acid test masih dibawah 1...namun
memang selama ini selalu dibawah 1. Mungkin model bisnisnya susah untuk menjadi
di atas 1.
Dengan harga terakhir 580, dan meng-annualisasikan EPS Q2 2013, menjadi 58.
Dan menganggap growth terkoreksi menjadi 13% dan PER 5th kedepan ditaruh di 10,
maka berikut valuasi
EPS n+1 | 66 |
EPS n+2 | 74 |
EPS n+3 | 84 |
EPS n+4 | 95 |
EPS n+5 | 107 |
Total EPS 5 Tahun | 425 |
Deviden Pay(Average 5yrs) | 0.00% |
Harga Thn ke-5 | 1,069 |
Risk Premium + Risk Free Rate% | 15% |
Harga Thn ke 5 (+ Deviden) | 1,069 |
Harga Wajar Thn n+4 | 931 |
Harga Wajar Thn n+3 | 811 |
Harga Wajar Thn n+2 | 706 |
Harga Wajar Thn n+1 | 615 |
Harga Wajar Thn n | 536 |
V/P | 0.92 |
Valuasi | TURI |
Harga Terakhir | 580 |
DCF Value | 536 |
Diskon DCF % | -8% |
Graham Value | 1,167 |
Diskon Graham % | 50% |
MOS% | 50 |
MOS Graham Value | 584 |
Risk Free Rate | 7 |
V/P | 2.01 |
*V/P di atas > 1 Murah | MURAH |
PEG | 0.77 |
Arti Rasio PEG | MURAH |
Terilhat valuasi menggunakan Discounted Cash Flow menunjukkan saham ini
baru ada di kisaran harga teoritis-nya. Hal ini nampak mendukung support kuat di
analisa technical yg terbentuk di kisaran 500. Sehingga pencari diskon harus
menanti lebih jauh.
Tetapi dari tehnik intrinsic value graham membuat saham ini sudah ada di
harga murah. Juga analisa PEG sudah menjadi murah. Di tambah kecenderungan indeks yg sudah mulai lepas dari tekanan jual, walau masih belum gegap gempita untuk bullish dalam waktu dekat.
Kesimpulan? Tergantung preference masing2, tetapi gabungan tehnical,
graham, dan PEG..nampaknya aman untuk mulai masuk sedikit demi sedikit, dengan
menambah jika masih ada penurunan lebih jauh. Masa depan emiten ini sangat tergantung dari apakah akan muncul tekanan baru pada upah buruh, dan apakah ekonomi mampu memacu kembali pembelian kendaraan. Pro-kontra LCGC juga akan berpengaruh pada pendapatan emiten ini mengingat, merk Toyota adalah bagian dari produk yang dijual.
Demikian catatan saya...semoga bermanfaat.
Catatan: saya tidak memiliki posisi di TURI dan tidak bermaksud membelinya dalam waktu 3 hari mulai senin 28 Oct 2013
Catatan: saya tidak memiliki posisi di TURI dan tidak bermaksud membelinya dalam waktu 3 hari mulai senin 28 Oct 2013
No comments:
Post a Comment